Ikan Cendro

Ikan Cendro. Ikan Cendro terkadang orang mengenalnya dengan sebutan ikan Cucut, ikan Kacang-kacang, ikan Ceraca dan lain sebagainya. Dalam bahasa internasionalnya dikenal dengan sebutan Needle Fish. Nama latin ikan ini Tylosurus crocodilus. Merupakan salah satu ikan keluarga Belonidae (Wikipidea), banyak ditemukan dan hidup di muara air payau hingga air asin, disekitar pesisir pantai berkarang dan dilaut lepas. Panjang ikan cendro bisa mencapai hingga 1 meter.



Ikan cendro termasuk ikan predator dan penyendiri sangat jarang ditemui bergerombol yang biasanya ikan ini berada dipermukaan air untuk menangkap ikan-ikan kecil dan udang kecil yang merupakan sumber makanannya. 

Ciri-ciri fisik ikan ini bentuknya badan agak bundar dan panjang. Memiliki moncong mulut yang panjang dengan gigi-gigi taring yang cukup tajam dan tersusun banyak didalamnya. Warna badan ikan bagian bawah dominan putih keperak-perakan sedangkan bagian atas punggung ikan agak gelap berwarna hijau keabu-abuan. 

Ikan cendro sangat gesit dan lincah sehingga sangat sulit untuk ditangkap bahkan dengan jala sekalipun, karena ikan ini akan bereaksi dengan cepat apabila mendeteksi gerakan atau gemercik air yang ada disekitar keberadaannya.

Ikan predator pemakan ikan dan udang kecil
Ikan Cendro - Needle Fish

Untuk mendapatkan ikan cendro bisa dengan cara dipancing dengan menggunakan umpan ikan kecil atau pun udang yang masih hidup. Caranya umpan dikaitkan pada mata kail kemudian dilempar usahakan agar umpan ikan atau udang mengambang dipermukaan air jadi sebaiknya untuk memancing ikan cendro tidak menggunakan timah sama sekali. Agar lebih mengontrol kedalaman umpan bisa juga menggunakan pelampung. Jarak antara pelampung dengan umpan berkisar antara 10 cm – 20 cm. Dibeberapa daerah cara mancing ikan cendro ini menggunakan mainan layang-layang.



Artikel Terkait