Casting

Teknik casting merupakan salah satu teknik mancing yang cara kerjanya yaitu dengan cara umpan dilempar sejauh-jauhnya ataupun ke titik-titik yang diperkirakan ada ikannya kemudian umpan ditarik dengan cepat atau perlahan-lahan dengan berirama agar gerakan umpannya sesuai dengan gerakan jenis umpan yang digunakan sehingga menarik bagi ikan-ikan predator untuk menyambarnya.

Jenis umpan casting ini bisa yang masih hidup (asli) ataupun umpan palsu biasanya terbuat dari kayu, fiber, karet dan lain-lain, yang dibentuk sedemikian rupa hingga menyerupai binatang-binatang kecil, ikan-ikanan, udang-udangan ataupun kodok-kodokan yang merupakan santapan ikan-ikan predator. 

Untuk umpan yang masih hidup memang jarang sekali digunakan oleh para pemancing dengan teknik casting ini selain mudah rusak juga terlalu ringan untuk dilemparkan. Berbeda dengan umpan palsu yang jangkauan lemparnya cukup jauh bisa mencapai 20 meter lebih, karena terbuat dari benda keras seperti kayu atau fiber.

Nama dari umpan palsu ini juga bermacam-macam tergantung dari bentuk dan jenis bahan yang digunakan, diantaranya seperti minnow, crankbait, pencil bait, spoon, stickbait, froggy dan lain-lain. Walaupun terkadang ikan-ikan predator bisa menyambar yang bukan diperuntukkan untuk jenis ikan yang ditarget tetapi sebaiknya umpan palsu yang digunakan disesuaikan dengan ikan yang ditarget. Karena ada beberapa pengalaman dari teman-teman dari anggota Mancing Mania Group Kaltim yang pernah mengalami ketidak sesuai ikan yang ditarget dengan umpan yang digunakan. Seperti pada saat menggunakan umpan palsu jenis Jump Frog yang tentunya ikan target adalah ikan gabus, terkadang ada saja ikan jenis predator seperti ikan barracuda, ikan baramundi atau kakap putih bahkan ikan terkulu. Aneh bukan. Tapi itulah kenyataan yang pernah dialami teman-teman anggota Mancing Mania Group Kaltim pada saat trip mancing ke empang muara yang rata-rata kondisi airnya berupa air payau.

Selain umpan, reel pancing juga perlu disesuaikan untuk mancing dengan teknik casting ini. Reel dengan tipe spinning bisa menggunakan ukuran 1.000 sampai 2.000 sudah cukup. Atau bisa menggunakan reel yang khusus untuk casting yaitu reel baitcasting. Begitu juga dengan stick / joran yang digunakan bisa menggunakan yang ukuran panjang 180cm sampai 210cm dan sebaiknya tidak terlalu lentur juga tidak terlalu kaku, sebaiknya ukuran kekuatan stick dari 10lb sampai 20lb. Untuk casting di spot mancing daerah dalam sungai atau muara sungai mungkin bisa menggunakan reel yang lebih besar dan stick pancing yang lebih panjang dan kuat.

Demikian sedikit penjelasan tentang teknik mancing dengan casting. Semoga bermanfaat. Salam Mancing Mania Group Kaltim. Yang Penting Happy.


Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment