Ikan Terkulu

Ikan Terkulu. Di dunia mancing terkenal dengan sembutan Ikan GT yang merupakan singkatan dari Giant Trevally. Ada banyak jenis ikan terkulu yang ada di dunia, diantaranya terkulu hitam, terkulu kuning, terkulu rambe atau terkulu rambut, terkulu mata besar dan lain-lain. Ikan terkulu terkenal dengan kekuatannya, tidak heran banyak para pemancing yang mengincar ikan ini.

Secara keseluruhan ciri-ciri ikan terkulu berkepala besar bulat dan tumpul, berwarna keperak-perakan dan mengkilat. Memiliki tubuh yang besar dan agak ramping. Ikan ini pada saat kecil biasanya bermukim didaerah dalam sungai yang berair payau dan asin hingga ke muara sungai dan pesisir pantai, menjelang dewasa bermigrasi ke tengah laut dalam yang berkarang banyak.

Selain itu ikan ini dapat dijadikan makanan yang layak konsumsi karena rasa dagingnya yang gurih dan empuk.


Pemancing lagi strike ikan terkulu muara
Ikan Terkulu Muara Sungai Asin

Ikan terkulu merupakan salah satu jenis ikan predator yang memakan udang maupun ikan-ikan kecil, cumi-cumi dan ikan lainnya yang seukuran dengan lebar mulutnya. Ikan ini juga mampu menyerang makanannya dengan kecepatan tinggi baik secara mandiri maupun berkelompok.

Untuk anda yang suka mancing tentu sangat ingin mendapat tarikan ikan jenis ini. Menurut informasi dan pengalaman para pemancing yang penulis kenal. Untuk memancing ikan terkulu yang habitatnya di alur sungai atau muara sungai umpan yang biasa digunakan seperti udang hidup, belanak ukuran kecil ataupun anak ikan bandeng. Bisa juga menggunakan lure berbahan kayu atau plastik yang menyerupai ikan kecil.

Untuk ikan terkulu yang habitatnya di laut dalam, carilah lokasi yang memiliki banyak karang. Dan kita bisa menggunakan umpan yang berbahan dari timah biasanya disebut dengan metal jig. Untuk daerah karang-karang dangkal kita bisa menggunakan popper.

Keterangan lainnya tentang ikan terkulu :

Nama : Terkulu
Panggilan Daerah : Kuwe, Gebur
Bahasa Inggris : Giant Trevally (GT)
Nama Ilmiah : Caranx Ignobilis


Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment