Jump Frog

Dalam dunia mancing umpan froggy terbagi menjadi dua jenis yaitu soft froggy dan hard froggySoft froggy adalah umpan yang khusus dibuat dari bahan karet lunak sedangkan hard froggy adalah umpan yang terbuat dari bahan keras seperti kayu, mika, fiber dan lain-lain. Nah jump frog termasuk dalam kategori hard froggy karena biasanya bahan utama pembuatan umpan ini berasal dari kayu.

Jump frog secara kasar berarti kodok loncat, namun tidak demikian arti sebenarnya. Ini hanyalah istilah yang biasa digunakan untuk perumpaan umpan yang gerakannya seperti kodok sungguhan yang sedang meloncat-loncat.

ciri-ciri utama jump frog yaitu ada sudut miring dibagian depan umpan
Jump Frog Lenon Handmade

Biasanya umpan ini digunakan untuk mancing dengan teknik casting. Dan target utamanya ikan gabus (snakehead) ataupun ikan toman (giant snakehead) yang merupakan jenis ikan predator kelas atas air tawar.

Ada berbagai macam bentuk dari jump frog yang dijual dipasaran ada yang menyerupai kodok, kepala tikus, burung bahkan ada yang menyerupai ikan hiu dan masih banyak lagi bentuk-bentuk lainnya. Tetapi dari sekian banyak bentuk umpan jump frog, ada satu ciri yang tidak dapat lepas dari umpan jenis ini yaitu bentuk depannya yang harus miring. Karena disitu letak inti dari jump frog itu sendiri.

Dalam pembuatan jump frog sudut miring pada bagian depan umpan sangat menentukan berhasil atau tidaknya umpan yang terbuat dari kayu ini. Selain faktor kemiringan tersebut keseimbangan dari badan umpan pun mempengaruhi dari gerakan umpan. Karena bila tidak seimbang antara kanan dan kirinya ada kemungkinan gerakan umpan akan membentuk zig zag tidak beraturan.

Bagi anda pemancing yang sering berburu ikan gabus ataupun ikan toman dan berminat ingin membuat sendiri umpan Jump Frog, anda bisa menyimaknya di artikel Cara-Cara Membuat Umpan "Jump Frog" dari Bahan Kayu Meranti


Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment